HILDEBRAND & WOLFMULLER (H&W) 1895 adalah sepeda motor bermesin ganda kembar, 4 katup berpendingin air berkapasitas 1.488cc. Kedengarannya seperti mesin moderen, namun sejatinya ini adalah mesin yang tak lazim seperti kelangkaannya.
Perhatikan saja diagram di atas, maka Anda akan melihat roda belakang yang berfungsi ganda sebagai roda gila (flywheel). Batang penghubung piston dan batang penekan (pushrods) yang menggerakkan valve gear juga di tempelkan pada roda belakang.
Tak ada kopling, rem, apa lagi transmisi. Meski demikian, banyak ritual yang harus dilakukan untuk
bisa menjalankan sepeda motor pertama di dunia yang akan dilelang seharga 40-60 ribu Poundsterling tersebut.
Motor antik ini hadir dalam kondisi apa adanya, alias belum direstorasi sehingga dibutuhkan lagi biaya yang tak sedikit untuk mengembalikan kondisinya seperti sediakala. Kendaraan ini dimiliki oleh sebuah keluarga sejak tahun 1930-an yang diperkirakan sebagai tahun terakhir kendaraan ini dijalankan.
Dipatenkan pada Januari 1894, sepeda motor H&W mendapat respons yang baik. Rencana mendirikan pabrik di Munich pun diajukan untuk memproduksi kendaraan ini. Lewat lisensi, kendaraan ini juga diproduksi dan dipasarkan di Prancis dengan merek 'La Petrolette'.
Meski beberapa demonstrasi yang dilakukan oleh pengendara pabrikan cukup mengesankan, kelemahan motor H&W menjadi sangat jelas saat mulai diterima oleh konsumennya. Pada awal 1897, kedua perusahaan baik di Jerman maupun Prancis akhirnya gulung tikar.
Tidak jelas berapa banyak kendaraan ini yang telah diproduksi. Namun sedikitnya antara 800 hingga 2.000 unit. Sementara yang masih bertahan hingga kini, sudah pasti sangat langka.
Henry dan Wilhelm Hildebrand bersaudara mengembangkan sepeda motor mereka bekerja sama Alois Wolfmuller dengan mekaniknya, Hans Geisenhof. Mereka mendesain mesin bersilinder ganda kembar (twin cylinders) berpendingin air, empat langkah dengan kapasitas 1.488cc. Tenaga maksimalnya hanya sebesar 2,5hp pada 240rpm. Kecepatan maksimal yang bisa diraih oleh H&W adalah 30 mil/jam atau sekitar 48 km/jam.
Bonhams secara rutin menggelar lelang sepeda motor dan kendaraan ini akan mengambil bagian di International Classic Motorcycle Show di Satfford pada 25 April mendatang.
Perhatikan saja diagram di atas, maka Anda akan melihat roda belakang yang berfungsi ganda sebagai roda gila (flywheel). Batang penghubung piston dan batang penekan (pushrods) yang menggerakkan valve gear juga di tempelkan pada roda belakang.
Tak ada kopling, rem, apa lagi transmisi. Meski demikian, banyak ritual yang harus dilakukan untuk
bisa menjalankan sepeda motor pertama di dunia yang akan dilelang seharga 40-60 ribu Poundsterling tersebut.
Motor antik ini hadir dalam kondisi apa adanya, alias belum direstorasi sehingga dibutuhkan lagi biaya yang tak sedikit untuk mengembalikan kondisinya seperti sediakala. Kendaraan ini dimiliki oleh sebuah keluarga sejak tahun 1930-an yang diperkirakan sebagai tahun terakhir kendaraan ini dijalankan.
Dipatenkan pada Januari 1894, sepeda motor H&W mendapat respons yang baik. Rencana mendirikan pabrik di Munich pun diajukan untuk memproduksi kendaraan ini. Lewat lisensi, kendaraan ini juga diproduksi dan dipasarkan di Prancis dengan merek 'La Petrolette'.
Meski beberapa demonstrasi yang dilakukan oleh pengendara pabrikan cukup mengesankan, kelemahan motor H&W menjadi sangat jelas saat mulai diterima oleh konsumennya. Pada awal 1897, kedua perusahaan baik di Jerman maupun Prancis akhirnya gulung tikar.
Tidak jelas berapa banyak kendaraan ini yang telah diproduksi. Namun sedikitnya antara 800 hingga 2.000 unit. Sementara yang masih bertahan hingga kini, sudah pasti sangat langka.
Henry dan Wilhelm Hildebrand bersaudara mengembangkan sepeda motor mereka bekerja sama Alois Wolfmuller dengan mekaniknya, Hans Geisenhof. Mereka mendesain mesin bersilinder ganda kembar (twin cylinders) berpendingin air, empat langkah dengan kapasitas 1.488cc. Tenaga maksimalnya hanya sebesar 2,5hp pada 240rpm. Kecepatan maksimal yang bisa diraih oleh H&W adalah 30 mil/jam atau sekitar 48 km/jam.
Bonhams secara rutin menggelar lelang sepeda motor dan kendaraan ini akan mengambil bagian di International Classic Motorcycle Show di Satfford pada 25 April mendatang.
Posting Komentar